Sunday, July 29, 2012

Cara Mudah Menghilangkan Stres Kehamilan

Cara Mudah Menghilangkan Stres Kehamilan | hamil kok stress | stress saat hamil | kok ibu hamil | dampak stress pada janin | ibu hamil muda | senam ibu hamil | makanan ibu hamil | pengertian ibu hamil | gizi ibu hamil | kesehatan ibu hamil | ibu hamil sehat - Tidak menutup kemungkinan seorang wanita hamil dapat mengalami stres di balik kebahagiannya menanti kehadiran si buah hati.
Cara Mudah Menghilangkan Stres Kehamilan

Cara Mudah Menghilangkan Stres Kehamilan

Anda tahu Cara Mudah Menghilangkan Stres Kehamilan ?.. Bagi seorang wanita, kehamilan adalah anugerah dan merupakan saat-saat yang membahagiakan dan menggembirakan. Tetapi juga bisa menjadi saat-saat yang menantang karena beberapa jenis stres seperti kekhawatiran akan uang, hubungan yang kurang harmonis, masalah kehamilan sebelumnya, atau tuntutan pekerjaan akan menyebabkan hormon berfluktuasi sehingga dapat berpengaruh pada suasana hati Anda.

Meskipun demikian, sebagai ibu hamil, sangat penting bagi Anda untuk mengurangi tingkat stres Anda. Tingkat stres yang tinggi tidak hanya berpengaruh pada si ibu yang dapat mengalami depresi dan gangguan kesehatan. Tetapi si anak yang berada dalam kandungan pun lebih besar tingkat kemungkinannya untuk lahir prematur, berat badan si bayi yang kurang, serta kesadaran yang terlambat. Jika Anda merasakan kecemasan yang berlebihan dan kesedihan yang mendalam dalam waktu yang lama, cobalah untuk berkonsultasi dengan perawat kesehatan yang profesional.

Cara Mudah Menghilangkan Stres Kehamilan

Atau jika Anda sedang mengalami saat-saat sedih dalam waktu yang relatif singkat, berikut ini adalah 4 tips yang pasti sangat bermanfaat untuk mengurangi pikiran-pikiran negatif dan meningkatkan pikiran positif selama masa kehamilan Anda, seperti yang dilansir Suite101.

1. Bernapas
Ketika pikiran Anda melayang pada bagaimana akan memberikan keturunan di tengah keadaan ekonomi Anda yang sulit, ketika rekan kerja Anda tidak begitu peduli tentang bagaimana Anda melahirkan nanti, atau Anda sedang bertanya-tanya bagaimana cara menjadi ibu yang baik untuk anak Anda nanti, bernapaslah!

Menarik napas dalam-dalam dapat membantu menenangkan emosi dan meredakan ketegangan Anda. Mengatur cara bernapas Anda dapat membantu Anda lebih fokus pada hal-hal yang positif, sehingga dapat mengurangi kecemasan dan frustasi yang Anda alami, sehingga Anda akan merasa lebih rileks.

Ada beberapa latihan pernapasan yang dapat Anda coba. Untuk awal yang sederhana, berbaring, duduk, atau berdirilah dengan posisi yang nyaman. Ikuti napas Anda, fokuskan pikiran Anda pada bagaimana Anda menarik dan menghembuskan napas.

Jika Anda susah untuk berkonsentrasi, it's okay! Jangan terlarut dan kembalilah pada proses bernapas Anda. Tujuan latihan ini adalah untuk merilekskan pikiran Anda, jadi jangan terlalu memaksakan diri, ini akan menambah beban pikiran Anda.

2. Ekspresikan diri Anda
Lakukan apapun yang dapat mengekspresikan apa yang Anda rasakan, entah itu menggambar, menulis, melukis, menari, menjahit, ataupun menyanyi. Cara seperti ini dapat mengalihkan pikiran stres Anda karena fokus Anda teralih pada kegiatan yang Anda lakukan.

Tidak ada batasan dalam mengekspresikan diri. Anda juga dapat menggunakan cat minyak untuk melukis diri Anda dengan memperhatikan setiap lekuk tubuh Anda, atau nyalakan musik favorit Anda dan menarilah, tenggelamkan diri Anda pada irama musik tersebut (pastikan Anda tidak dalam keadaan bed rest atau bergerak berlebihan).

Anda juga dapat menulis dalam sebuah catatan pribadi, blog, atau berbagilah pengalaman dengan yang lain. Apapun pilihan Anda dalam mengekspresikan diri, ini bukan waktunya untuk menilai hasil kerja Anda. Cara untuk mengekspresikan diri ini hanya untuk membantu Anda menyalurkan emosi bukan menambah stres Anda.

3. Tertawa
Ada banyak manfaat yang luar biasa dari hal sederhana ini. Ketika Anda tertawa, hormon yang menyebabkan stres akan berkurang dan jumlah hormon endorfin akan meningkat. Hormon endorfin ini dapat mengurangi rasa sakit dan dapat membuat kita merasa bahagia. Tertawa dapat merilekskan otot-otot, membantu Anda merasa lebih optimis, dan menambah kebahagiaan dalam hubungan Anda.

Pikirkan cara untuk menghadirkan gelak tawa dalam hidup Anda. Anda dapat mengundang teman-teman Anda untuk berkumpul bersama di rumah, taman, atau restoran dan menghabiskan waktu bersama. Atau Anda dapat menonton film bergenre komedi untuk menghabiskan malam atau saling bercerita tentang kejadian-kejadian lucu di masa lalu. Tertawa itu menular. Tanpa banyak usaha, ketika seseorang mulai tertawa, dapat dipastikan orang-orang di sekitarnya juga akan ikut tertawa.

Cara lainnya adalah: Renungkan kejadian yang mengganggu pikiran Anda, ambil sisi lucu dari kejadian tersebut dan tertawalah. Dengan tawa di wajah Anda, kesedihan pasti malas menghampiri Anda.

4. Berbagi beban pikiran
Curhat dengan teman, keluarga, atau yang lainnya dapat mengurangi beban pikiran Anda. Diskusikan, berbagilah dengan mereka apa yang Anda rasakan dan khawatirkan. Berbicara dengan orang yang Anda percaya dapat mengusir rasa kesepian dan Anda pun juga mendapat solusi dari mereka.

Jika Anda sudah kebingungan kepada siapa Anda harus bercerita, cobalah alihkan perhatian Anda pada perut Anda yang mulai membesar. Belai perut Anda, berbicaralah pada anak dalam kandungan Anda atau menyanyilah untuknya. Atau Anda merasa senang menulis surat untuk anak Anda yang belum lahir tentang apa saja harapan-harapan Anda untuk mereka kelak.

Ketika stres mulai merasuki pikiran Anda, merenunglah sejenak dan ingatlah ada karunia berharga di dalam perut Anda.

Demikianlah informasi penting mengenai kesehatan ibu dan balita yang berjudul "Cara Mudah Menghilangkan Stres Kehamilan" dari MR Kabar yang semoga bermanfaat buat kita semua.

kata kunci informasi:  Cara Mudah Menghilangkan Stres Kehamilan | hamil kok stress | stress saat hamil | kok ibu hamil | dampak stress pada janin | ibu hamil muda | senam ibu hamil | makanan ibu hamil | pengertian ibu hamil | gizi ibu hamil | kesehatan ibu hamil | ibu hamil sehat -   Menghindarkan diri dari stess saat hamil memang begitu penting karena ini sangat baik buat ibu yang sedang hamil maupun buat si janin.

Important notes: You've read the article "Cara Mudah Menghilangkan Stres Kehamilan" Don't forget to read the other articles ya.. thanks...